Karya
Judul/Title Workshop Peningkatan Keterampilan Digital Dalam Pemasaran Pariwisata untuk UMKM dan Pelaku Wisata
Penulis/Author Lukman Awaludin, S.Si., M.Cs. (1) ; Wahyono, Ph.D. (2); Prof. Drs. Agus Harjoko, M.Sc., Ph.D. (3); Roghib Muhammad Hujja, S.Si., M.Cs. (4); Ika Candradewi, S.Si., M.Cs. (5); Prof. Dr. Ir. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc. (6); Dr. Andi Dharmawan, S.Si., M.Cs. (7); Prof. Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc. (8); Dr. Agfianto Eko Putra, M.Si. (9); Dr. Danang Lelono, S.Si., M.T. (10); Dr. Raden Sumiharto, S.Si., M.Kom (11); Dr. techn. Aufaclav Zatu Kusuma Frisky S.Si., M.Sc. (12); Drs. Abdul Ro`uf, M.I.Kom. (13); Bakhtiar Alldino Ardi Sumbodo, S.Si., M.Cs. (14); Catur Atmaji, S.Si., M.Cs. (15); Oskar Natan, S.ST., M.Tr.T., Ph.D. (16); Nia Gella Augoestien, S.Si., M.Cs. (17); Tri Wahyu Supardi, S.Si., M.Cs. (18); Sugeng Raharjo (19); Venoruton Budi Irmawan, S.T. (20); Mahbub Ramadhan Al Fitri, S.Tr.T. (21); Aris Fakhrudin, A.Md. (22)
Tanggal/Date 2023
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Pariwisata merupakan sektor ekonomi yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara atau wilayah. Di era digital, transformasi digital telah membuka peluang besar bagi pelaku wisata dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam industri pariwisata. Namun, tantangan muncul karena tidak semua pelaku wisata dan UMKM memiliki keterampilan digital yang memadai. Kegiatan ini memperhatikan pentingnya keterampilan digital dalam pemasaran pariwisata, mengingat perubahan pola perilaku wisatawan modern dan akses global yang dimungkinkan oleh internet. Keterampilan digital seperti manajemen situs web, pemanfaatan media sosial, dan pemahaman analisis web menjadi kunci kesuksesan dalam industri pariwisata saat ini. Pelatihan digital menjadi aspek kunci dalam mengatasi kekurangan keterampilan tersebut. Meskipun banyak sumber daya pelatihan digital online, penting untuk memahami bahwa konteks lokal memiliki peran signifikan. Oleh karena itu, pelatihan yang disesuaikan dengan karakteristik unik setiap destinasi pariwisata diharapkan dapat membantu pelaku wisata dan UMKM mengatasi tantangan dan memanfaatkan peluang dengan lebih efektif. Dengan meningkatnya keterampilan digital, mereka diharapkan dapat bersaing dalam pasar global yang semakin terhubung, meningkatkan visibilitas, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi lokal. Oleh karena itu, kegiatan "Peningkatan Keterampilan Digital dalam Pemasaran Pariwisata" diharapkan memberikan peluang bagi para pelaku wisata dan UMKM untuk mencapai keberhasilan dalam era digital ini dengan mempromosikan destinasi pariwisata secara lebih efisien melalui platform digital.'
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi