Karya
Judul/Title THE ROLE OF HOTLINE CALL CENTER FOR IMPROVING COMMUNITY PREPAREDNESS OF COVID-19 PANDEMIC IN SPECIAL REGION OF YOGYAKARTA
Penulis/Author Hersinta Retno Martani, S.Kep., Ns., M.Kep. (1) ; Centauri Indrapertiwi (2); Happy Indah Kusumawati, S.Kep., Ns., MN.Sc (3); Sutono, S.Kp., M.Sc., M.Kep. (4); Syahirul Alim, S.Kp. M.Sc, Ph.D. (5); Bayu Fandhi Achmad, S.Kep., Ns., M.Kep. (6); Dr. Sri Setiyarini, S.Kp., M.Kes. (7)
Tanggal/Date 27 2022
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) merupakan situasi yang belum pernah terjadi sehingga memicu ketidakjelasan informasi yang menyebabkan kecemasan masyarakat. Hotline call center sebagai upaya strategi komunikasi yang efektif diharapkan mampu meredakan kekhawatiran dengan tetap mendorong penerapan protokol kesehatan. Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi yang memiliki respon yang cepat dalam penanganan pandemi, ditandai dengan pembukaan Posko Terpadu Pencegahan dan Penanganan Pandemi (PTPPP) DIY yang dilengkapi dengan hotline call center. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan hotline call center PTPPP DIY dalam upaya peningkatan kesiapsiagaan masyarakat dalam menanggulangi COVID-19. Analisis data dilakukan pada 1.610 dokumentasi panggilan telepon yang masuk sejak bulan Maret hingga Desember 2020, dengan tiga pengkategorian domain yaitu 1) informasi kesehatan umum (21%); 2) prosedur penanggulangan COVID-19 di DIY (66%); dan 3) hotline call center sebagai perwakilan pemerintah (13%). Domain yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat adalah mengenai prosedur penanganan COVID-19 di DIY. Sedangkan subdomain yang paling sering ditanyakan pada domain tersebut adalah mengenai dekontaminasi dengan jumlah 357 penelepon. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hotline call center merupakan salah satu upaya tepat pemerintah untuk dapat mengakomodir kebutuhan informasi masyarakat DIY mengenai COVID-19. Hasil penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam penyusunan program penyuluhan sesuai dengan kebutuhan informasi dari masyarakat. Selain itu, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai evaluasi bagi pihak pemerintah dalam mendesain sebuah hotline call center yang efektif dalam mensosialisasikan informasi kepada masyarakat.
Rumpun Ilmu Ilmu Keperawatan
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1Artikel Published + Cover Editorial Chief dan Daftar Isi.pdf[PAK] Full Dokumen
2Bukti Korespondensi JDPB.pdf[PAK] Bukti Korespondensi Penulis
3The Role of Hotline Call Center for Improving Community Preparedness of COVID-19 Pandemic.pdf[PAK] Full Dokumen