Karya
Judul/Title Strategi Pengembangan Pasar Lelang Cabai dalam Meningkatkan Pendapatan Petani di Lahan Pasir Pantai
Penulis/Author
Tanggal/Date 2018
Abstrak/Abstract Kajian mengenai pasar lelang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja pasar lelang dan memberikan rekomendasi kebijakan bagi pemerintah. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas kinerja, efisiensi, dan strategi pengembangan pasar lelang cabai di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo pada bulan Juli 2018. Responden penelitian ini adalah 13 pengelola pasar lelang, 30 petani cabai dan 1 pegawai Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kulon Progo. Untuk mengetahui efektivitas kinerja pasar lelang cabai dilakukan metode skoring berdasarkan aspek input, proses, output, outcome dan dampak. Untuk mengetahui efisiensi pasar lelang cabai digunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Sedangkan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat efisiensi pasar lelang digunakan analisis logit. Untuk menyusun strategi pengembangan pasar lelang cabai digunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan 7,70% pasar lelang terkategori baik, 15,38 % terkategori cukup baik dan 76,92 % terkategori kurang baik. Sedangkan apabila dilihat dari efisiensi, 30,73% pasar lelang telah efisien dan 69,27% tidak efisien. Faktor yang mempengaruhi efisiensi pasar lelang cabai adalah umur dan modal pasar lelang. Dalam rangka pengembangan pasar lelang, maka strategi utama yang dilakukan adalah SO dengan kegiatan memperluas jangkauan pasar konsumen, memperbaiki pelayanan pasar lelang dan peningkatan komitmen petani.
Rumpun Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1surat tugas dosmud 2018.pdf
22390-AGUS DWI NUGROHO.pdfKontrak