Karya
Judul/Title Sistem Kendali Eddy Current Brakes Dinamometer menggunakan Linear Quadratic Regulator (LQR)
Penulis/Author Ir. Muhammad Arrofiq, S.T., M.T. Ph.D. IPM. (1); LUKMAN SIDIQ NUGROHO (2); Dr. Ir. Fahmizal, S.T., M.Sc. (3); Esa Apriaskar, S.T., M.T. (4)
Tanggal/Date 2021
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Makalah ini memberikan analisis perbandingan antara teknik kendali klasik yaitu kendali PID dengan teknik kendali modern pada sistem Eddy current brakes dinamometer. Eddy current brakes merupakan sistem pengereman modern yang membutuhkan sebuah sistem kendali untuk menunjang kinerja pengereman. Selama ini kendali PID lebih sering digunakan, namun di beberapa kondisi dinilai kurang optimal. Dengan demikian, diperlukan pengembangan kendali yang modern dan optimal yaitu full state feedback Linear Quadratic Regulator (LQR). Perbandingan respon waktu pengereman disimulasikan menggunakan Matlab/Simulink. Hasil simulasi menunjukkan respon waktu pengereman pada kendali LQR lebih baik dibandingkan dengan kendali PID, dengan Ts = 2.12 detik, Tr = 1.18 detik, dan tanpa overshoot. Adapun kendali PID, meskipun menghasilkan Ts = 0.27 detik dan Tr = 0.18 detik, namun demikian masih terdapat overshoot sebesar 0.7%.
Rumpun Ilmu Teknik Elektro
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1itenas edy break Vol 9, No 4 (2021).pdf[PAK] Full Dokumen
2Sertifikat Elkomika.pdfDokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)