Sistem Kendali Eddy Current Brakes Dinamometer menggunakan Linear Quadratic Regulator (LQR)
Penulis/Author
Ir. Muhammad Arrofiq, S.T., M.T. Ph.D. IPM. (1); LUKMAN SIDIQ NUGROHO (2); Dr. Ir. Fahmizal, S.T., M.Sc. (3); Esa Apriaskar, S.T., M.T. (4)
Tanggal/Date
2021
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract
Makalah ini memberikan analisis perbandingan antara teknik kendali klasik yaitu kendali PID dengan teknik kendali modern pada sistem Eddy current brakes dinamometer. Eddy current brakes merupakan sistem pengereman modern yang membutuhkan sebuah sistem kendali untuk menunjang kinerja pengereman. Selama ini kendali PID lebih sering digunakan, namun di beberapa kondisi dinilai kurang optimal. Dengan demikian, diperlukan pengembangan kendali yang modern dan optimal yaitu full state feedback Linear Quadratic Regulator (LQR). Perbandingan respon waktu pengereman disimulasikan menggunakan
Matlab/Simulink. Hasil simulasi menunjukkan respon waktu pengereman pada kendali LQR lebih baik dibandingkan dengan kendali PID, dengan Ts = 2.12 detik, Tr = 1.18 detik, dan tanpa overshoot. Adapun kendali PID, meskipun menghasilkan Ts = 0.27 detik dan Tr = 0.18 detik, namun demikian masih terdapat overshoot sebesar 0.7%.
Rumpun Ilmu
Teknik Elektro
Bahasa Asli/Original Language
Bahasa Indonesia
Level
Nasional
Status
Dokumen Karya
No
Judul
Tipe Dokumen
Aksi
1
itenas edy break Vol 9, No 4 (2021).pdf
[PAK] Full Dokumen
2
Sertifikat Elkomika.pdf
Dokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)