Judul/Title | Pragmatisme Pendidikan Kewargaan Digital Dalam Kepungan Algoritma Suatu Refleksi Aksiologi |
Penulis/Author | Feriyansyah (1) ; Dr. Septiana Dwiputri Maharani (2) |
Tanggal/Date | 15 2023 |
Kata Kunci/Keyword | |
Abstrak/Abstract | Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji nilai dalam kajian pragmatisme pendidikan dan krisis nilai di tengah dominasi algoritma. Tantangan pendidikan kewargaan digital di tengah dominasi algoritma mencerminkan kondisi krisis nilai dalam proses pendidikan kewargaan digital dengan pendekatan refleksi aksiologis. Tulisan ini memberikan jawaban dengan pendekatan refleksi aksiologi terhadap pendidikan kewargaan digital yang pragmatis berdasarkan pengalaman praktis dalam dominasi algoritma untuk memperoleh signifikansi praktis dalam pendidikan kewargaan digital. Pragmatisme nilai berkaitan erat dengan pengalaman individu dan transaksi di ruang sosial digital sebagai lingkungan di mana individu hidup dan bertindak. Pengalaman kewargaan digital membentuk peran individu dengan membawa sistem nilai sebagai dasar dalam pengambilan keputusan di ranah digital. Pengalaman kewargaan digital membentuk peran manusia sebagai subjek di ruang sosial digital. Pendidikan kewargaan digital yang pragmatis adalah teknologi untuk merekayasa pengalaman individu sebagai warga digital agar menjadi subjek yang memiliki sistem nilai sebagai dasar dalam aktivitas dan memperoleh manfaat di ruang sosial digital sebagai tujuan akhir. |
Rumpun Ilmu | Filsafat |
Bahasa Asli/Original Language | Bahasa Indonesia |
Level | Nasional |
Status |