Abstrak/Abstract |
Pasar elektronik (e-marketplace) memberikan paradigma baru bagi setiap organisasibisnis dalam mengelola usahanya, termasuk UMKM pangan. Identifikasi perubahan yangdiperlukan pada traditional marketing mix (4P) menjadi kebutuhan untuk membangunmodel yang sesuai dalam relationship marketing di e-marketplace. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh e-marketing mix (product, price, place, promotion) terhadaptingkat keunggulan posisional bersaing yang dicapai oleh UMKM pangan di emarketplace.
E-marketplace yang dipilih sebagai wilayah sampel adalah Tokopedia,Shopee, Bukalapak. Responden yang dijadikan sampel adalah UMKM yang menjual
produk makanan ringan di e-marketplace yang berjumlah 160 responden. Teknik analisisyang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Totalindikator yang diukur dalam model adalah 16 indikator. Hasil penelitian menunjukkanbahwa product, place, promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulanposisional bersaing. Variabel e-marketing mix yang berpengaruh paling dominan terhadappeningkatan keunggulan posisional bersaing UMKM pangan di e-marketplace adalahproduct. Oleh karena itu, optimasi foto produk, variasi produk, deskripsi produk, daninformasi update produk merupakan kunci utama UMKM pangan untuk meningkatkankeunggulan posisional bersaing di e-marketplace. |