Karya
Judul/Title Perubahan Traditional Marketing Mix (4P) di dalam E-Marketplace dan Dampaknya pada Keunggulan Posisional Bersaing UMKM Pangan
Penulis/Author Hilmi Arija Fachriyan (1) ; Prof. Dr. Jamhari, S.P., M.P. (2); Prof. Dr. Ir. Irham, M.Sc. (3); Dr. Ir. Lestari Rahayu Waluyati, M.P. (4)
Tanggal/Date 2021
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Pasar elektronik (e-marketplace) memberikan paradigma baru bagi setiap organisasibisnis dalam mengelola usahanya, termasuk UMKM pangan. Identifikasi perubahan yangdiperlukan pada traditional marketing mix (4P) menjadi kebutuhan untuk membangunmodel yang sesuai dalam relationship marketing di e-marketplace. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui pengaruh e-marketing mix (product, price, place, promotion) terhadaptingkat keunggulan posisional bersaing yang dicapai oleh UMKM pangan di emarketplace. E-marketplace yang dipilih sebagai wilayah sampel adalah Tokopedia,Shopee, Bukalapak. Responden yang dijadikan sampel adalah UMKM yang menjual produk makanan ringan di e-marketplace yang berjumlah 160 responden. Teknik analisisyang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Totalindikator yang diukur dalam model adalah 16 indikator. Hasil penelitian menunjukkanbahwa product, place, promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulanposisional bersaing. Variabel e-marketing mix yang berpengaruh paling dominan terhadappeningkatan keunggulan posisional bersaing UMKM pangan di e-marketplace adalahproduct. Oleh karena itu, optimasi foto produk, variasi produk, deskripsi produk, daninformasi update produk merupakan kunci utama UMKM pangan untuk meningkatkankeunggulan posisional bersaing di e-marketplace.
Rumpun Ilmu Ekonomi Pertanian
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1Sertifikat_AKSES.pdfDokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)
2Journal AKSES.pdf[PAK] Full Dokumen
3SK nomor 148-M-KPT-2020 Hasil Penetapan Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode II Tahun 2020.pdfDokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)
4Perubahan Traditional Marketing Mix (4P).pdf[PAK] Full Dokumen
5Sertifikat_AKSES.pdfDokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)