Abstrak/Abstract |
Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja komunikasi eksternal dan internal PT PLN (Persero) pada tahun 2022 dengan menganalisis persepsi publik eksternal dan internal. Metode yang dijalankan mencakup analisis konten, survei dan FGD.
Publik internal merupakan satu shareholders PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)
yang menjadi urat nadi dan penggerak kinerja organisasi. Keberhasilan dan kegagalan
PT PLN (Persero) sebagai sebuah institusi pelayanan publik sangat tergantung dari
kemampuan mengelola sistem informasi yang menjadi 'aliran darah' dalam
mekanisme kerja organisasi. Informasi sebagai bahan utama komunikasi hanya akan
mengalir dengan baik ke seluruh jajaran shareholders melalui strategi penataan
pesan, medium, dan evaluasi sistem komunikasi yang bertanggungjawab. Pada titik
inilah riset untuk mengetahui efektivitas proses komunikasi internal yang kompleks
dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Riset persepsi publik internal ini
dilakukan dengan menilik tiga ranah komunikasi yakni; kompleksitas dinamika media,
proses produksi dan konsumsi pesan, dan efek/dampak pesan. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis isi media (content analysis), survey
opini, dan focus group discussion (FGD). Ketiganya dilakukan secara simultan dan
saling mendukung hasil masing-masing dalam memperdalam dan memperkaya
temuan riset. Secara umum gabungan 3 metode ini memberikan gambaran
kontekstual dan basis evaluasi atas efektivitas komunikasi PT PLN (Persero) sepanjang
2022 di ranah publik internal. Temuan riset ini secara general menunjukan adanya
kecenderungan pergeseran fungsi komunikasi menjadi bentuk dan proses sosialisasi,
adanya kesenjangan dinamika informasi dan komunikasi antara kantor pus at dengan
kantor induk, serta rendahnya engagement di tengah harapan akan engagement para
pegawai PLN yang tinggi. Temuan atas fakta ini menunjukan semakin pentingnya
kebutuhan akan revitalisasi dan optimalisasi bentuk dan peran media komunikasi
internal yang sudah ada. Selanjutnya penelitian ini merekomendasikan ragam bentuk
penyesuaian dan penyempurnaan atas ragam bentuk, fungsi, dan peran media
komunikasi yang dapat dilakukan sebagai langkah strategis dalam tata kelola
informasi dan kebijakan komunikasi pada tahun 2023. |