Karya
Judul/Title Persepsi Publik Eksternal dan Internal PT PLN 2022
Penulis/Author
Tanggal/Date 30 2022
Abstrak/Abstract Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja komunikasi eksternal dan internal PT PLN (Persero) pada tahun 2022 dengan menganalisis persepsi publik eksternal dan internal. Metode yang dijalankan mencakup analisis konten, survei dan FGD. Publik internal merupakan satu shareholders PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) yang menjadi urat nadi dan penggerak kinerja organisasi. Keberhasilan dan kegagalan PT PLN (Persero) sebagai sebuah institusi pelayanan publik sangat tergantung dari kemampuan mengelola sistem informasi yang menjadi 'aliran darah' dalam mekanisme kerja organisasi. Informasi sebagai bahan utama komunikasi hanya akan mengalir dengan baik ke seluruh jajaran shareholders melalui strategi penataan pesan, medium, dan evaluasi sistem komunikasi yang bertanggungjawab. Pada titik inilah riset untuk mengetahui efektivitas proses komunikasi internal yang kompleks dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Riset persepsi publik internal ini dilakukan dengan menilik tiga ranah komunikasi yakni; kompleksitas dinamika media, proses produksi dan konsumsi pesan, dan efek/dampak pesan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis isi media (content analysis), survey opini, dan focus group discussion (FGD). Ketiganya dilakukan secara simultan dan saling mendukung hasil masing-masing dalam memperdalam dan memperkaya temuan riset. Secara umum gabungan 3 metode ini memberikan gambaran kontekstual dan basis evaluasi atas efektivitas komunikasi PT PLN (Persero) sepanjang 2022 di ranah publik internal. Temuan riset ini secara general menunjukan adanya kecenderungan pergeseran fungsi komunikasi menjadi bentuk dan proses sosialisasi, adanya kesenjangan dinamika informasi dan komunikasi antara kantor pus at dengan kantor induk, serta rendahnya engagement di tengah harapan akan engagement para pegawai PLN yang tinggi. Temuan atas fakta ini menunjukan semakin pentingnya kebutuhan akan revitalisasi dan optimalisasi bentuk dan peran media komunikasi internal yang sudah ada. Selanjutnya penelitian ini merekomendasikan ragam bentuk penyesuaian dan penyempurnaan atas ragam bentuk, fungsi, dan peran media komunikasi yang dapat dilakukan sebagai langkah strategis dalam tata kelola informasi dan kebijakan komunikasi pada tahun 2023.
Rumpun Ilmu Ilmu Komunikasi
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi