Karya
Judul/Title Perbandingan Tingkat Motivasi Mahasiswa yang Menempuh Kuliah Konvensional dengan Collaborative Learning
Penulis/Author Herman (1) ; Prof. dr. Rr. Titi Savitri Prihatiningsih, MA, M.Med.Ed., Ph.D. (2); dr. Widyandana, M.H.P.E., Ph.D., Sp.M (3)
Tanggal/Date 2014
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Latar belakang: Collaborative learning adalah metode belajar kelompok yang berpusat kepada mahasiswa pada proses pembelajarannya. Meskipun berdasar teori dan hasil-hasil penelitian terdahulu, kuliah interaktif terbukti lebih baik dari kuliah konvensional, namun pada kenyataannya dosen masih banyak menggunakan metode kuliah konvensional dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan berkurangnya motivasi mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Kuliah dengan metode collaborative learning termasuk salah satu kuliah interaktif. Berdasar hal-hal tersebut di atas, maka penulis ingin mengetahui motivasi belajar mahasiswa yang menempuh kuliah metode konvensional dibandingkan dengan metode collaborative learning. Metode: Penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, dan rancangan post-test only with control group. Penelitian ini menilai motivasi belajar mahasiswa yang diukur dengan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Subjek Penelitian adalah seluruh mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat angkatan 2011semester dua. Mahasiswa dikelompokkan menjadi dua kelompok secara acak. Data dianalisis dengan menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil: Ada perbedaan bermakna motivasi belajar mahasiswa setelah mengikuti proses belajar dengan metode konvensional maupun dengan metode collaborative learning. Mahasiswa yang mengikuti kuliah dengan metode collaborative learning memiliki motivasi lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang mengikuti kuliah konvensional. Kesimpulan: Collaborative learning lebih baik dalam meningkatkan motivasi belajar mahasiswa terhadap materi kuliah dengan topik Gizi Kesehatan Masyarakat.
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1Ethical Clearance Herman.pdfDokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)
2Artikel dan EC.pdf[PAK] Full Dokumen