Abstrak/Abstract |
Latar belakang Media ajar memegang peran yang penting dalam memfasilitasi proses pembelajaran mahasiswa kedokteran, terutama pada kurikulum problem-based learning (PBL). TV-LED, LCD, dan whiteboard merupakan jenis-jenis media ajar yang memiliki kelebihan masingmasing. TV-LED dan LCD termasuk dalam golongan teknologi digital yang lebih canggih bila dibanding dengan whiteboard yang lebih sederhana dan mudah digunakan. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada melakukan proses tutorial 2 pertemuan setiap minggunya dan selalu menggunakan media-media ajar tersebut untuk memfasilitasi diskusi tutorial mereka. Penting diketahui efektivitas TV-LED/LCD bila dibandingkan dengan whiteboard sebagai media ajar dalam tutorial. Tujuan penelitian kali ini untuk mengetahui perbandingan efektivitas TV-LED dibandingkan dengan whiteboard sebagai media ajar dalam tutorial. Metode Penelitian ini merupakan penelitian uji potong silang dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mixed method). Sampel adalah 398 mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter FK UGM tahun ke-3 dan ke-4 yang dipilih dengan asumsi bahwa mahasiswa pada tahun yang lebih senior sudah lebih banyak memiliki pengalaman dalam melakukan diskusi tutorial dengan menggunakan TV-LED/LCD maupun whiteboard. Data dikumpulkan dengan kuisioner yang tersusun atas pertanyaan tertutup dengan jawaban skala likert dan pertanyaan terbuka dengan jawaban naratif (data kualitatif). Data penelitian kuantitatif dianalisis berdasar pada pengelompokan pertanyaan menurut ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction), sementara data kualitatif dikelompokkan bedasar kelompok data masing-masing. Hasil Perolehan skor komponen kuisioner berdasarkan pola ARCS adalah A = 3,68; R =3,63; C = 3,69; S = 3,71. Gambaran tersebut menunjukkan antusiasme mahasiswa/ animo positif pengguna teknologi TV LED/LCD sebagai media pembelajaran termasuk dalam kategori baik. Data kualitatif menunjukkan terdapat beberapa kelebihan TV-LED/LCD maupun whiteboard sebagai media ajar dalam tutorial. Terdapat pula saran-saran dari mahasiswa terkait penggunaan whiteboard maupun tutorial sebagai media ajar dalam tutorial. Kesimpulan: Penggunaan TV LED/LCD sebagai media ajar dalam tutorial mendapat respon yang positif. TV LED/ LCD dalam tutorial dianggap lebih efektif dan interaktif dibanding penggunaan whiteboard. Mahasiswa berharap penggunaan TV LED/ LCD dapat dikombinasikan bersama whiteboard. |