Karya
Judul/Title Perancangan Ontologi Untuk Rekomendasi Hasil Pretes Menggunakan Methontology
Penulis/Author LILIS KURNIASARI (1) ; Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T, M.T. (2); Ir. Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D. (3)
Tanggal/Date 2017
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Pretes adalah suatu bentuk pertanyaan atau tes sebelum memulai pelajaran. Pretes ini memiliki banyak kegunaan dalam menjajagi proses pembelajaran yang akan dilaksanakan. Kesiapan peserta didik dalam proses pembelajaran sangat diperlukan agar apa yang menjadi tujuan belajar dapat tercapai yaitu penguasan kompetensi yang terkandung pada setiap mata kuliah. Oleh karena itu pretes memegang peranan yang cukup penting dalam proses pembelajaran. Disisi teknologi, ontologi telah lama digunakan untuk mengelola dan merepresentasikan pengetahuan dalam berbagai domain. Penelitian ini merancang sebuah domain pengetahuan dengan ontology untuk merekomendasikan pembelajaran kepada peserta didik dari hasil asesmen sebelum proses pembelajaran. Metode pengembangan untuk membangun domain pengetahuan yang digunakan dalam penelitian adalah Methontology.
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi