Perancangan Ontologi Untuk Rekomendasi Hasil Pretes Menggunakan Methontology
Penulis/Author
LILIS KURNIASARI (1); Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T, M.T. (2); Ir. Adhistya Erna Permanasari, S.T., M.T., Ph.D. (3)
Tanggal/Date
2017
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract
Pretes adalah suatu bentuk pertanyaan atau tes
sebelum memulai pelajaran. Pretes ini memiliki banyak
kegunaan dalam menjajagi proses pembelajaran yang akan
dilaksanakan. Kesiapan peserta didik dalam proses
pembelajaran sangat diperlukan agar apa yang menjadi
tujuan belajar dapat tercapai yaitu penguasan kompetensi
yang terkandung pada setiap mata kuliah. Oleh karena itu
pretes memegang peranan yang cukup penting dalam proses
pembelajaran. Disisi teknologi, ontologi telah lama
digunakan untuk mengelola dan merepresentasikan
pengetahuan dalam berbagai domain. Penelitian ini
merancang sebuah domain pengetahuan dengan ontology
untuk merekomendasikan pembelajaran kepada peserta didik
dari hasil asesmen sebelum proses pembelajaran. Metode
pengembangan untuk membangun domain pengetahuan yang
digunakan dalam penelitian adalah Methontology.