Karya
Judul/Title Peran mediasi collective self-esteem dalam meningkatkan kompetensi media sosial melalui kewarganegaraan digital di kalangan mahasiswa
Penulis/Author FADHIL MALIKY ISLAH (1); Prof. Dr. Avin Fadilla Helmi, M.Si. (2)
Tanggal/Date 31 2024
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Mahasiswa menghadapi tantangan dalam mengembangkan kompetensi media sosial yang mendukung partisipasi kewarganegaraan digital. Studi ini bertujuan menganalisis kaitan digital citizenship terhadap social media competency yang dimediasi collective self-esteem di kalangan mahasiswa (N= 736). Studi berbasis website digunakan untuk mengumpulkan data dengan convenience sampling dan tiga instrumen pengukuran, yakni digital citizenship scale (α= 0,90) untuk mengukur digital citizenship; social media competence scale for college students (α= 0,92) untuk mengukur social media competence; dan collective self-esteem scale (α= 0,94) untuk mengukur collective self-esteem. Data dianalisis menggunakan analisis mediasi Hayes dengan 5.000 sampel bootstrap persentil dengan confidence interval 95%. Hasil uji mediasi melalui jamovi (Version 2.3.2) menunjukkan bahwa collective self-esteem berperan memediasi kaitan digital citizenship terhadap social media competence. Namun, peran collective self-esteem sebagai mediator berfungsi tidak sempurna akibat perannya yang kecil. Temuan membuktikan bahwa evaluasi identitas kebangsaan mahasiswa secara tidak langsung menjadi bentuk sikap menjaga kepositifan kelompok (negara) untuk mengontrol aktivitas relasi dan kewarganegaraan mengadopsi media sosial. Temuan ini menunjukkan pentingnya memperkuat identitas kolektif mahasiswa untuk mendukung penggunaan media sosial yang lebih positif dan bertanggung jawab dalam konteks kewarganegaraan digital.
Rumpun Ilmu Psikologi Umum
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
111745-Article Text-48040-1-10-20250227.pdfDokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)