Penulis/Author |
Dra. Nur Aini Yuniyarti, M.Si. (1) ; Yudistira Hendra Permana, S.E., M.Sc., Ph.D. (2); Nurisqi Amalia, S.Pd., M.Sc. (3); Dra. Wahyu Hidayati, M.Si. (4); MELIYANA ARIYAS N (5); NAURAH ZAHRIN N (6) |
Abstrak/Abstract |
Kalurahan Gerbosari terletak di wilayah Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, mempunyai produk ungglan yang bagus dalam bidang pertanian. Sebelum tahun 2021, pengelolaan air minum dan sanitasi dilaksanakan oleh Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAM) yang bertanggungjawab kepada Pemerintah Kalurahan. Kemudian mulai tahun 2021 organisasi BPSPAM digabung menjadi salah satu bagian dari Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Binangun Sejahtera. Dengan adanya alih kelola ini, maka perlu disusun suatu Standar Operasional Prosedur (SOP). Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam pengelolaan air minum serta menerapkan SOP-nya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan adalah melalui Participatory Rural Appraisal (PRA), dengan Focus Group Discussion (FGD), pendekatan working with community. Kegiatan ini diikuti oleh Pemerintah Kalurahan (Desa), Bumdes, BPSPAM, penanggung jawab pengelolaan air di padukuhan, dan konsumen. Dari diskusi yang diadakan sebanyak dua kali, yaitu pada tanggal 8 Agustus dan 17 Oktober 2020, telah berhasil disusun SOP bagi konsumen, penanggung jawab air di padukuhan, BPSPAM, maupun Bumdes. Namun untuk SOP internal BPSPAM-Bumdes belum dapat disusun secara lengkap, sehingga perlu dilakukan pendampingan selanjutnya. |