Penulis/Author |
Dr. Ir. Nur Abdillah Siddiq, S.T., IPP. (1) ; Ari Bimo Prakoso, S.T., Ph.D. (2); Sita Gandes Pinasti, S.T., M.Sc. (3); Prof. Ir. Nazrul Effendy, S.T., M.T., Ph.D., IPM. (4); Johan Purwanto (5); Andi Sudarmanto (6); Budiyono (7) |
Abstrak/Abstract |
Pandemi Covid-19 menyebabkan pelajar tidak dapat mengikuti
kegiatan pembelajaran dengan optimal, termasuk kegiatan
praktikum. Banyak praktikum yang tidak dapat terlaksana selama
masa pandemi karena pembelajaran dilakukan secara daring dari
rumah masing-masing dan praktikum kurang efektif jika
dilakukan secara daring. Termasuk ketika kurva pandemi Covid19 menurun, pelajar terus dihimbau untuk menerapkan protokol
kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Dalam
pelaksanaan praktikum, menjaga jarak adalah aktivitas yang sulit
dilakukan karena pada umumnya terdapat satu modul peralatan
praktikum yang dipakai secara bersama-sama oleh beberapa
praktikan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu desain praktikum
yang dapat menggunakan peralatan sehari-hari sehingga dapat
dengan mudah dilakukan oleh pelajar baik dirumah maupun
secara individu di sekolah dengan tetap menjaga jarak. Pada
pengabdian masyarakat ini akan disusun sebuah buku praktikum
percobaan Fisika yang menggunakan alat dan bahan sehari-hari.
Alat dan bahan tersebut mudah dijumpai seperti kardus, ember,
cermin, botol, termos, dan alat serta bahan sehari-hari lainnya
untuk memahami berbagai fenomena fisika seperti gaya gesek,
kalor, viskositas, optik, dan materi fisika lainnya. Berbagai
percobaan tersebut akan dijabarkan dengan prinsip dan
persamaan fisika yang mendasarinya. Setelah buku selesai
disusun, akan dilaksanakan diseminasi dan sosialisasi buku ke
MA Assalafiyyah Mlangi selaku madrasah berbasis riset.
Diharapkan buku praktikum percobaan fisika tersebut dapat
diimplementasikan di MA Assalafiyyah Mlangi dan dapat
meningkatkan kemampuan motorik dan pemahaman siswa
terkait pelajaran fisika. |