Penulis/Author |
Syafrizal, S.I.P., M.A. (1) ; Dr. Novi Kurnia, M.Si., M.A. (2); Dr. Wisnu Martha Adiputra, S.I.P., M.Si. (3) ; Dr. Rahayu, M.Si., M.A. (4); Dr. Ardian Indro Yuwono, S.I.P., M.A. (5) ; Irham Nur Anshari, S.I.P., M.A. (6); Zainuddin Muda Z. Monggilo, S.I.Kom., M.A. (7) |
Abstrak/Abstract |
Penyusunan buku panduan literasi game untuk remaja merupakan bagian dari gerakan kampanye literasi media digital yang dikembangkan oleh Jaringan Peneliti Literasi Digital (Japelidi) dan Program Magister Ilmu Komunikasi UGM. Dalam penyusunannya, penulis melakukan serangkaian riset literatur, obervasi dan focus group discussion untuk mengumpulkan data tentang permasalahan, kebutuhan, dan perspektif remaja terhadap mobile game. Kemudian, hasil riset ini digunakan sebagai basis untuk menyusun konten buku panduan literasi yang diharapkan memiliki kedekatan emosional dengan konteks kehidupan remaja.
Kegiatan ini dijalankan sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, khususnya dalam membangun literasi media. Buku panduan yang akan diterbitkan kelak akan didistribusikan secara gratis kepada sekolah-sekolah dan komunitas gerakan literasi media di Indonesia untuk menegaskan posisinya sebagai bagian dari proses berbagi pengetahuan (knowledge sharing) antara Universitas Gadjah Mada dan masyarakat. |