Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan BPJS dan Karakteristik Pasien Terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama
Penulis/Author
Prof. Dr. Satibi, S.Si., M.Si. Apt. (2); Prof. Dr. Chairun Wiedyaningsih, M.Kes., M. App.Sc., .Apt. (3)
Tanggal/Date
2018
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract
Pelayanan kesehatan di era JKN diselenggarakan oleh semua Fasilitas Kesehatan yang
bekerjasama dengan BPJS. Kepuasan pasien merupakan indikator penentu berhasil atau tidak suatu
program. Kepuasan adalah perasaan senang seseorang yang berasal dari perbandingan antara suatu
produk atau kinerja dengan harapannya, jika kinerja dibawah harapan maka pelanggan tidak merasa
puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepesertaan, pelayanan dan pembiayaan
terhadap kepuasan pasien BPJS di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif analitik dengan desain survey cross sectional. Data diambil secara kuantitatif
dengan menggunakan kuesioner dan dilengkapi dengan data kualitatif melalui wawancara untuk
memperdalam temuan dilapangan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan
kriteria inklusi. Jumlah sampel responden yang digunakan sebanyak 278 responden dan sampel lokasi
penelitian ditentukan dengan metode random sampling meliputi puskesmas, klinik dan apotek jejaring.
Data dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda berupa uji t dan uji F. Hasil penelitian di
Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Kabupaten Karanganyar secara berturut-turut menunjukkan pada
uji t ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS meliputi variabel kepesertaan
(p = 0,02), variabel pelayanan (p = 0,00), dan variabel pembiayaan (p =0,00), Sedangkan uji F secara
simultan juga menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien BPJS dengan
nilai (p = 0,00)
Rumpun Ilmu
Farmasi Umum dan Apoteker
Bahasa Asli/Original Language
Bahasa Indonesia
Level
Nasional
Status
Dokumen Karya
No
Judul
Tipe Dokumen
Aksi
1
Pengaruh Tingkat Kualitas pelayanan BPJS dan Karakteristik Pasien Terhadap Kepuasan Pasien di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.pdf
[PAK] Full Dokumen
2
Akreditasi Sinta 2 - JURNAL MANAJEMEN dan PELAYANAN FARMASI.pdf
Dokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)