Abstrak/Abstract |
emacetan pada jalan tol umumnya terjadi pada pintu gerbang tol. Oleh karena itu, direncanakan penggantian sistem pembayaran tol dari sistem Card Based Tolling System ke MLFF, Multi Lane Free Flow (ETC, Electronic Toll Collection System), yang dapat meningkatkan kinerja jalan tol.
Analisis dilakukan untuk mengkaji peningkatan kinerja jalan tol dengan diterapkannya Multi Lane Free Flow ini. Perangkat lunak VISSIM (Verkehr In Staedten Simulation Model, Model Simulasi Lalu Lintas Perkotaan), yang dikembangkan oleh PTV Group, Jerman digunakan untuk mensimulasi kinerja lalu lintas guna membandingkan Card Based Tolling System dengan MLFF (ETC), yang meliputi panjang antrian, tundaan, penggunaan bahan bakar dan polusi udara, dengan studi kasus di Pintu Gerbang Tol Tebet 2. Pintu Gerbang Tol tersebut merupakan salah satu pintu gerbang dengan arus lalu lintas yang cukup tinggi, Untuk Card Based Tolling System, kendaraan harus berhenti guna menempelkan kartu, sedangkan untuk MLFF (ETC), kendaraan cukup memperlambat pada saat memasuki pintu tol.
Hasil simulasi menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan dengan diterapkannya sistem MLFF ini.
|