Abstrak/Abstract |
Pasar dunia yang semakin kompetitif, membuat dunia usaha khususnya industri obat tradisional dituntut untuk
profesional, serta dapat menanggapi kebutuhan konsumen. PT Karya Pak Oles yang bergerak pada industri obat tradisional harus
dapat mengetahui situasi dan mempunyai suatu keunggulan bersaing. Bauran pemasaran sangat berperan penting dalam dunia
usaha saat ini, karena kepuasan dan loyalitas konsumen tercipta dari strategi yang baik oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini
menganalisis apakah komponen dari bauran pemasaran berpengaruh positif pada kepuasan dan pengaruh kepuasan terhadap
loyalitas konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode survey. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling menggunkan alat
penelitian berupa kuisioner dengan jumlah sampel 421 responden yang berada di Denpasar selama bulan Januari sampai April 1016.
Kuisioner diuji validitas dan reliabilitasnya terhadap responden pelanggan produk buatan PT Karya Pak Oles. Hasil kuisioner
kemudian dianalisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui karakteristik responden. Analisis kuantitatif untuk mengetahui kinerja
bauran pemasaran, serta mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan terhadap kepuasan dan loyalitas.
Pada penelitian didapatkan hasil bahwa setiap komponen-komponen bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan
tempat) pengaruh positif terhadap kepuasan. Dimana komponen bauran pemasaran yang memiliki pengaruh dominan adalah harga
dan diikuti oleh produk. Hubungan kepuasan konsumen terhadap loyalitas memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas
konsumen PT Pak Oles di Denpasar
The world market is increasingly competitive, making the business world, especially the traditional medicine industry
professionals are required to, and can respond to the needs of consumers. PT Karya Pak Oles engaged in traditional medicine
industry should be able to understand the situation and have a competitive advantage. The marketing mix is very important in
today's business world, because customer satisfaction and loyalty is created from a good strategy by the company. The purpose of
this study to analyze whether the components of the marketing mix has positive effect on satisfaction and influence of satisfaction on
customer loyalty.
This study used survey method. Data collected by purposive sampling method using the research tools in the form of a
questionnaire with a sample of 421 respondents who were in Denpasar during January to April 1016. The questionnaire was tested
for validity and reliability of the products made by the customer respondents PT Karya Pak Oles. The results are then analyzed
qualitative descriptive questionnaire to determine the characteristics of respondents. Quantitative analysis to determine the
performance of the marketing mix, as well as determine the relationship between the marketing mix with the satisfaction and loyalty.
The research showed that each of the components of the marketing mix (product, price, promotion and place) positive
impact on satisfaction. Where the marketing mix which had a dominant influence is the price and is followed by the product. The
relationship of customer satisfaction with the loyalty of a positive impact on customer loyalty PT Pak Oles in Denpasar. |