Karya
Judul/Title PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK
Penulis/Author Prof. Dr. apt. Achmad Fudholi, DEA. (2); Prof. Dr. Satibi, S.Si., M.Si. Apt. (3)
Tanggal/Date 2016
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Pasar dunia yang semakin kompetitif, membuat dunia usaha khususnya industri obat tradisional dituntut untuk profesional, serta dapat menanggapi kebutuhan konsumen. PT Karya Pak Oles yang bergerak pada industri obat tradisional harus dapat mengetahui situasi dan mempunyai suatu keunggulan bersaing. Bauran pemasaran sangat berperan penting dalam dunia usaha saat ini, karena kepuasan dan loyalitas konsumen tercipta dari strategi yang baik oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini menganalisis apakah komponen dari bauran pemasaran berpengaruh positif pada kepuasan dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan metode survey. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling menggunkan alat penelitian berupa kuisioner dengan jumlah sampel 421 responden yang berada di Denpasar selama bulan Januari sampai April 1016. Kuisioner diuji validitas dan reliabilitasnya terhadap responden pelanggan produk buatan PT Karya Pak Oles. Hasil kuisioner kemudian dianalisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui karakteristik responden. Analisis kuantitatif untuk mengetahui kinerja bauran pemasaran, serta mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan terhadap kepuasan dan loyalitas. Pada penelitian didapatkan hasil bahwa setiap komponen-komponen bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat) pengaruh positif terhadap kepuasan. Dimana komponen bauran pemasaran yang memiliki pengaruh dominan adalah harga dan diikuti oleh produk. Hubungan kepuasan konsumen terhadap loyalitas memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen PT Pak Oles di Denpasar The world market is increasingly competitive, making the business world, especially the traditional medicine industry professionals are required to, and can respond to the needs of consumers. PT Karya Pak Oles engaged in traditional medicine industry should be able to understand the situation and have a competitive advantage. The marketing mix is very important in today's business world, because customer satisfaction and loyalty is created from a good strategy by the company. The purpose of this study to analyze whether the components of the marketing mix has positive effect on satisfaction and influence of satisfaction on customer loyalty. This study used survey method. Data collected by purposive sampling method using the research tools in the form of a questionnaire with a sample of 421 respondents who were in Denpasar during January to April 1016. The questionnaire was tested for validity and reliability of the products made by the customer respondents PT Karya Pak Oles. The results are then analyzed qualitative descriptive questionnaire to determine the characteristics of respondents. Quantitative analysis to determine the performance of the marketing mix, as well as determine the relationship between the marketing mix with the satisfaction and loyalty. The research showed that each of the components of the marketing mix (product, price, promotion and place) positive impact on satisfaction. Where the marketing mix which had a dominant influence is the price and is followed by the product. The relationship of customer satisfaction with the loyalty of a positive impact on customer loyalty PT Pak Oles in Denpasar.
Rumpun Ilmu Farmasetika dan Teknologi Farmasi
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi