Penerapan Smart Tourism Destination di Tiga Destinasi Wisata Kota Yogyakarta
Penulis/Author
ADITYA SAPUTRA (1); Dr. Eng. Ir. Muhammad Sani Roychansyah, S.T., M.Eng. (2)
Tanggal/Date
14 2022
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui sejauh mana penerapan smart tourism pada destinasi di Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Destinasi wisata yang menjadi objek penelitian adalah Taman Pintar, Museum Vredeburg, dan De Mata. Sebagai hasil penelitian bahwa tiga destinasi wisata di Kota Yogyakarta tersebut belum menerapkan konsep smart tourism destination karena masing-masing destinasi belum mengaplikasikan indikator pada aspek smart available packages. Secara rata-rata, implementasi STD dari ketiga destinasi tersebut adalah sekitar 53 persen dari total indikator. Kota Yogyakarta sebagai kota wisata dan berada di era disrupsi teknologi digital, maka perlu mengembangkan program aplikasi wisata dengan konsep gamification. Sehingga, aplikasi tersebut lebih menyenangkan dan akan meningkatkan frekuensi penggunaannya serta memberikan keunggulan kompetitif dalam pemasaran destinasi.
Rumpun Ilmu
Perencanaan Wilayah dan Kota
Bahasa Asli/Original Language
Bahasa Indonesia
Level
Nasional
Status
Dokumen Karya
No
Judul
Tipe Dokumen
Aksi
1
12_Penerapan Smart Tourism Destination di Tiga Destinasi Wisata Kota Yogyakarta.pdf
[PAK] Full Dokumen
2
12_Bukti Akreditasi Tingkat 5.pdf
Dokumen Pendukung Karya Ilmiah (Hibah, Publikasi, Penelitian, Pengabdian)