Pendalaman Materi IPA untuk Siswa Kelas 5 CIMIPA SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta
Penulis/Author
Dr. med. vet. drh. Hevi Wihadmadyatami, M.Sc. (1); Prof. drh. Teguh Budipitojo, M.P., Ph.D. (2); Dr. drh. Tri Wahyu Pangestiningsih, M.P. (3); drh. Ariana, M.Phil. (4); Dr. drh. Hery Wijayanto, M.P. (5); Prof. drh. Dwi Liliek Kusindarta, MP., Ph.D. (6); Dr. drh. Vista Budiariati, M.Si. (7); Dr. drh. Vista Budiariati, M.Si. (8); drh. Woro Danur Wendo, M.Sc. (9)
Tanggal/Date
20 2022
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract
Proses pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, memecahkan masalah, berkolaborasi, dan berkomunikasi merupakan proses pembelajaran yang baik (Kulsum, 2014). Proses tersebut akan terselenggara dengan baik didukung dengan fasilitator dan media ajar yang berkualitas. Pembelajaran yang aplikatif dan melibatkan peran aktif peserta didik dalam pembelajaran dapat menampilkan peranan sains dan teknologi di dalam kehidupan masyarakat (Prayekti, 2006). Penjaminan keberhasilan pembelajaran membutuhkan kepiawaian pendidik, salah satunya dengan menggabungkan beberapa aspek pembelajaran secara langsung dan mengenalkan pada siswa dalam proses pembelajarannya. Peserta didik diperkenalkan pada aspek teori tentang materi pembelajaran yang ditargetkan, kemudian pada tahap berikutnya melakukan kunjungan ke Fakultas Kedokteran Hewan UGM untuk pengayaan materi secara langsung (preparat baik makros maupun mikros). Dalam masa tanggap Covid-19 pembelajaran secara daring menjadi kunci terlaksananya kegiatan belajar dan mengajar dalam situasi kondisi pandemi.
Teknologi informasi via daring dapat membantu dalam segala bidang selama masa normal baru covid-19 ini terutama bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam proses pembelajaran dapar berupa laboratorium virtual. Dan pembelajaran jarak jauh (e learning). Keberadaan aplikasi temu virtual dan e learning yang tersedia saat ini sangat membantu guru dan sekolah dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga peserta didik mereka tetap mendapatkan pengetahuan dari guru secara lebih optimal (Lubis dan Lubis, 2020; Sadikin, dkk., 2020). Pendampingan terhadap kegiatan pembelajaran tersebut dapat dibantu dengan peran dosen dan mahasiswa sebagai salah satu bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Sulistiyaningrum dan Al Hakim, 2020).
Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran Hewan UGM sudah bekerjsama dengan Desa Sentolo dari Tahun 2018 hubungannya dengan kegiatan pengenalan anatomi hewan ke sekolah-sekolah dasar di Sentolo. Tanda tangan MOU antara FKH UGM dan Desa Sentolo sudah dilakukan setahun berikutnya (2019). Dengan adanya kerjasama tersebut dapat memperkokoh peran pengabdian kepada masyarakat dengan UGM. Kerjasama tersebut diupayakan untuk lebih luas lagi cakupannya dengan pendampingan pengembangan pembelajaran daring dan pengenalan prinsip disinfeksi yang benar dan aman untuk masyarakat selama pandemik dan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Tahun 2022.
Level
Nasional
Status
Dokumen Karya
No
Judul
Tipe Dokumen
Aksi
1
kontrak pengabdian Dept Anatomi (Hevi).pdf
Kontrak
2
Luaran Akhir Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Departemen Anatomi 2022.pdf