Abstrak/Abstract |
Era revolusi 4.0 mendorong masyarakat untuk memanfaatkan internet sebagai wahana digital marketing.
Masyarakat utamanya yang bergerak di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memiliki
jangkauan pasar yang lebih luas dengan penggunaan internet atau pemasaran berbasis online lainnya. Hal
tersebut mendorong akademisi sebagai bagian dari masyarakat untuk berperan aktif dalam menginisiasi,
mendorong, dan mendampingi realisasi digital marketing tersebut, salah satunya telah dilakukan tim UGM di
Desa Giriharjo, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat
Desa Giriharjo memiliki potensi usaha pangan lokal maupun handycraft yang dapat dikembangkan melalui
digital marketing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan mengidentifikasi fungsi dan
dampak digital marketing yang telah diterapkan dalam proses pemberdayaan masyarakat. Adapun hasil
penelitian menunjukkan adanya fungsi manifes berupa peningkatan jumlah penjualan dan omzet yang
diperoleh pengusaha melalui digital marketing sedangkan fungsi latennya berupa perubahan gaya hidup
masyarakat perdesaan yang menjadi konsumtif semenjak mengenal dunia internet. |