Abstrak/Abstract |
Konsep pembangunan pertanian saat ini harus dilakukan secara holistik dan terintegrasi atau lebih dikenal dengan manajemen agribisnis. Untuk menyebarluaskan konsep manajemen agribisnis, maka diperlukan suatu media yang efektif dan masif menjangkau seluruh elemen masyarakat. Media yang dimaksud adalah melalui website karena pada era saat ini hampir seluruh masyarakat telah memiliki akses yang cukup baik terhadap internet baik melalui komputer maupun handphone. Tujuan dari pengembangan laman Menara Ilmu “Manajemen dan Pemasaran Agribisnis” antara lain : 1) mendukung UGM sebagai salah satu sumber keilmuan bidang agribisnis di tingkat nasional maupun internasional; 2) mengembangkan teori keilmuan agribisnis dan aplikasinya untuk menunjang daya saing pertanian nasional dalam menghadapi globalisasi ekonomi; dan 3) menyebarluaskan pengetahuan mengenai manajemen dan pemasaran agribisnis dalam rangka mengembangkan ekonomi masyarakat
Kegiatan menara ilmu “Manajemen dan Pemasaran Agribisnis” (www.terastani.faperta.ugm.ac.id) mampu menambah khazanah keilmuan di bidang agribisnis, terutama di dunia digital. Aktivitas dalam website antara lain menampilkan artikel penelitian, video, foto dan bahan kuliah. Pengunjung website antara lain instansi pemerintah, peneliti, mahasiswa dan petani. Pada akhir kegiatan hibah, pengelola website mampu menampilkan 25 artikel, 5 video, 13 album foto dan 5 materi bahan kuliah. Jumlah kunjungan yang tinggi menunjukkan bahwa website ini telah mampu menjadi salah satu sumber keilmuan agribisnis dan diharapkan mampu mengembangkan ekonomi masyarakat. Untuk pengembangan website maka dilakukan pembuatan artikel, video, foto; aktivasi forum; dan pengembangan kuliah online. Pendanaan kegiatan selanjutnya dengan memanfaatkan dana Departemen, mandiri dan eksternal. |