Karya
Judul/Title Kualitas Layanan Pasar Lelang Cabai Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Penulis/Author
Tanggal/Date 2019
Abstrak/Abstract Pasar lelang cabai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan manfaat sangat besar karena mampu menjual cabai dalam jumlah besar dan memberikan harga yang layak bagi petani. Namun demikian, belum semua pasar lelang menunjukkan kinerja optimal karena kelembagaan yang belum mapan dan infrastruktur yang belum lengkap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas layanan pasar lelang cabai, mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas layanan pasar lelang cabai, dan mengetahui pengaruh kualitas layanan pasar lelang cabai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap kepuasan dan loyalitas petani. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman selama 8 (delapan) bulan. Untuk mengetahui kualitas layanan pasar lelang cabai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta akan digunakan metode penilaian kualitas pelayanan dengan indikator tangible, reliability, responsiviness, assurance, dan emphaty. Indikator tersebut dianalisis validitas dan reliablitasnya kemudian dianalisis lanjut dengan likert. Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kualitas layanan pasar lelang cabai maka digunakan analisis regresi sederhana. Faktor internal yang digunakan dalam analisis ini adalah motivasi dan pengetahuan petani sedangkan faktor eksternal yang ada adalah pengaruh kelompok tani. Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pasar lelang cabai di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap kepuasan dan loyalitas petani akan digunakan metode structure equation model (SEM).
Rumpun Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi