Abstrak/Abstract |
Riset ini menilik tiga arena; kesadaran jenama, asosiasi jenama dan persepsi jenama Bea Cukai di mata publik. Penelitian ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) metode secara simultan, meliputi analisis teks media baru, survey opini, dan analisis kualitatif opini stakeholders melalui focus group discussion (FGD). Hasil dari penelitian gabungan 3 metode ini memberikan gambaran kontekstual dan basis evaluasi terhadap Jenama Bea Cukai di mata publik. Persepsi jenama merupakan hasil dari keseluruhan strategi komunikasi dan tata kelola lembaga; yang berarti merupakan gabungan dari kesadaran dan asosiasi jenama di mata publik. Dari penelitian ini, dua hal penting dalam konteks kesadaran dan asosiasi yang menghasilkan persepsi bertolak pada dua hal: Pertama, manajemen dan strategi komunikasi yang berkaitan dengan pengolahan informasi dan wacana melalui media dan Kedua, manajemen sumber daya manusia yang berkaitan dengan pelayanan langsung DJBC kepada publik. |