Abstrak/Abstract |
Perkembangan aplikasi grafis 3-D mengarah pada pembangkitan citra grafis foto-realistis, yang sangat diperlukan mulai dari aplikasi perancangan, simulasi, game sampai pembuatan film animasi. Teknik rendering yang digunakan untuk membangkitkan citra grafis masih belum realistis, karena belum didasarkan pada model pencahayaan dunia nyata. Penelitian selanjutnya mengarah pada model iluminasi global yang menggunakan model berkas cahaya seperti pada lingkungan fisik sebenarnya. Salah satu algoritma yang dapat mengimlementasikan model iluminasi global adalah algoritma ray-tracing. Algoritma ini mampu menghasilkan citra grafis 3-D kualitas tinggi mendekati foto-realistis, namun membutuhkan persamaan matematis dan komputasi yang kompleks. POV-Ray adalah salah satu tool yang digunakan untuk mengimplementasikan model ray-tracing untuk menghasilkan citra grafis foto-realistis. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa POV-Ray dapat menghasilkan citra grafis 3-D kualitas tinggi. |