Penulis/Author |
TRIFANDI LASALEWO (1) ; Ir. Subagyo, Ph.D., IPU., ASEAN Eng. (2); Prof. Ir. Budi Hartono, S.T., MPM, Ph.D., IPU., ASEAN Eng. (3); Ir. Hari Agung Yuniarto, S.T., M.Sc., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. (4) |
Abstrak/Abstract |
Inovasi dan pengembangan produk merupakan topik yang banyak dibicarakan saat ini, baik oleh kalangan pebisnis maupun para akademisi. Inovasi dan pengembangan produk merupakan dua hal yang tidak terpisahkan. Berdasarkan penelusuran literatur, aspek inovasi berdampak terhadap kemampuan pengembangan produk serta ditemukan 7 (tujuh) fenomena khas dalam penelitian tentang inovasi dan pengembangan produk. Paper ini, membahas tentang penelusuran mendalam hubungan keterkaitan antar fenomena tersebut, dimana fenomena kompleksitas komunikasi tim pengembangan produk merupakan isu utama, dan berdampak langsung maupun tidak langsung terhadap keberhasilan inovasi dan pengembangan produk. |