Karya
Judul/Title Homo Religiosus dalam Perspektif Filsafat Pendidikan
Penulis/Author SRI RAHAYU WILUJENG (1) ; Prof. Drs. M. Mukhtasar Syamsuddin, M.Hum., Ph.D of Arts. (2); Prof. Dr. Rr. Siti Murtiningsih, S.S., M.Hum (3)
Tanggal/Date 20 2022
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Ada banyak tesis tentang manusia, tetapi ada dua tesis yang sangat mendasar yaitu manusia sebagai homo religiosus dan manusia sebagai animal educandum. Dua tesis ini menyentuh aspek penting dalam hidup manusia. Objek material penelitian ini adalah homo religiosus, dan objek formal yang dipergunakan adalah filsafat pendidikan. Landasan terori yang digunakan adalah teori Mircea Eliade. Penelitian ini bertujuan: 1. Mendapatkan gambaran makna dari homo religiosus, 2. Menemukan pemahaman apa peran homo religiosus dalam pendidikan. Penelitian ini adalah penilitian filsafat dengan model studi pustaka. Metode yang digunakan adalah metode hermeneutika dengan unsur-unsur metodis: interpretasi, analisa, idealisasi, dan diskripsi. Hasil yang dicapai dari penelitian ini adalah adanya hubungan manusia sebagai homo religiosus dan animal educandum. Homo religiosus merukapan landasan bagi suatu filsafat pendidikan teistik. Homo religious sebagai ontologi, orientasi dan tujuan dari pendidikan. Homo religiosus membuat pendidikan menjadi bermakna.
Rumpun Ilmu Filsafat
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi