Karya
Judul/Title Evaluasi Heuristik Usabilitas pada Augmented Reality Pembelajaran Anatomi Tengkorak Manusia
Penulis/Author MAHARSA PRADITYATAMA (1); Ir. I Gusti Bagus Budi Dharma, S.T., M.Eng., Ph.D., IPM., ASEAN Eng. (2); dr. Nur Arfian, Ph.D. (3)
Tanggal/Date 2016
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Mempelajari anatomi manusia merupakan hal yang wajib bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran khususnya Pendidikan Dokter. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan oleh penulis kepada 39 mahasiswa Fakultas Kedokteran, terdapat 89,7% mahasiswa yang menyatakan masih belum mengerti dalam mempelajari anatomi manusia hanya dengan membaca buku anatomi seperti Atlas of Human Anatomy Sobotta, Color Atlas of Anatomy Yokochi, modul praktikum, handout kuliah blok, dan buku diktat kuliah. Hal tersebut memunculkan sebuah ide untuk mendesain sebuah aplikasi smartphone dengan menggunakan teknologi Augmented Reality untuk media pembelajaran anatomi tengkorak manusia. Pembuatan aplikasi AR smartphone menggunakan software Unity dan Vuforia dengan bahasa pemrograman C#. Evaluasi heuristik usabilitas dilakukan untuk validasi fitur-fitur pada aplikasi. Hasil pengujian heuristik usabilitas terhadap fitur dan tampilan aplikasi didapatkan sistem menghasilkan output sesuai dengan input yang direncanakan. Hasil pengujian pendeteksian didapatkan waktu respon pendeteksian minimal 0,93 detik dan waktu respon maksimal 21,59 detik, jarak pendeteksian minimal 5 cm dan jarak pendeteksian maksimal 25,4 cm, sudut pendeteksian minimal 32º dan sudut pendeteksian maksimal 90º. Pengujian pada 6 marker text yang berbeda tidak berpengaruh signifikan terhadap sistem dan objek 3D ”cranium” tetap dapat ditampilkan sebesar 84?ri 25 percobaan yang dilakukan.
Rumpun Ilmu Teknik Industri
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1Maharsa- Proceeding-SENTI-UGM-2016.pdf[PAK] Full Dokumen