Karya
Judul/Title ART OF ADVERTISING: SUBLIMINAL SEXUALITY SEBAGAI BENTUK EKSPLOITASI PEREMPUAN
Penulis/Author Prof. Drs. Koentjoro, M.BSc., Ph.D., Psikolog (2)
Tanggal/Date 2015
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Sebagai mahluk estetis, kehidupan manusia tidak terlepas dari aspek- aspek yang bernilai keindahan dimana keindahan tersebut identik dengan seni.Sebagai pelaku seni, manusia berusaha menciptakan dan mengekspresikan temuan-temuan seni lainnya melalui media disekitarnya. Salah satu seni tersebut adalah seni berkomunikasi yang dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung lewat bantuan media. Media tersebut antara lain adalah iklan yang merupakan bentuk seni dalam berkomunikasi.Tidak lepas dari apa yang ditawarkan tersebut, iklan memiliki berbagai penyampaian pesan yang didalamnya mengandung berbagai pencitraan yang berkaitan dengan berbagai aspek perempuan. maka tidak diragukan lagi apabila eksploitasi perempuan sering kali terjadi hanya demi kesuksesan komunikasi dalam menawarkan sebuah produk. Kajian tentang subliminal sexuality dan praktik eksploitasi dalam iklan dikaji menggunakan metode studi kasus guna mencari tahu pengertian dan penyebab terjadinya bentuk eksploitasi perempuan dalam iklan tersebut. Dimana ternyata tubuh dan citra perempuan masih menjadi sebuah strategi marketing yang menggiurkan dalam seni periklanan. Adanya sebuah persaingan menuntut pengiklan untuk menggali ide yang lebih kreatif untuk menarik perhatian target marketnya. Berbagai cara dilakukan oleh pengiklan untuk mengejar keuntungan tanpa melihat dampak yang terjadi di masyarakat.
Rumpun Ilmu Psikologi Masyarakat
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1ART_OF_ADVERTISING_SUBLIMINAL_SEXUALITY.pdf[PAK] Full Dokumen