Penulis/Author |
dr. Nur Arfian, Ph.D. (1) ; dr. Junaedy Yunus, M.Sc., Ph.D. (2); dr. Dwi Yatmo, M.Kes, PA (3); Prof. Dr. dr. Dwi Cahyani Ratna Sari, M.Kes.PA(K) (4); dr. Eryna Ayu Nugra Desita, M.Biomed (5); Wiwit Ananda Wahyu Setyaningsih, S.Keb., M.Sc. (6); Dr. dr. Muhammad Mansyur Romi, S.U., PA(K) (7); dr. Santosa Budihardjo M.Kes., PA (8); dr. Dian Prasetyo Wibisono, M.Sc., Sp.BS. (9); dr. Ratih Yuniartha, Ph.D. (10); Dr. dr. Ch. Tri Nuryana, M.Kes (11); dr. Noviarina Kurniawati, M.Sc. (12); dr. Adiguno Suryo Wicaksono, M.Sc, Sp.B.S. (13) |
Abstrak/Abstract |
Anatomi merupakan ilmu paling dasar untuk pembelajaran kedokteran dan Kesehatan, ilmu tentang tubuh manusia yang mendasari ilmu-ilmu lain, terutama klinis. Pembelajaran anatomi dituntut berubah menjadi lebih inovatif dan kreatif, melibatkan mahasiswa sebagai actor utama proses pembelajaran. Perkembangan zaman mempengaruhi cara penyampaian konsep keilmuan. Proposal ini mengembangkan suatu platform pembelajaran anatomi dengan nama Anatomy the MOVIES (Multiverses of Online, Virtual, Interactive, Education Series) dengan tema ”membahsakan konsep keilmuan anatomi dengan Bahasa-bahasa mahasiswa yang unik-kreatif dan inovatif”. Platform ini berupa lomba pembelajaran anatomi dari, oleh dan untuk mahasiswa, yang terdiri dari babak penyisihan, semifinal dan final. Acara akan dilakukan livestream dan dapat diakses oleh seluruh mahasiswa, civitas akademika dari seluruh Indonesia. Diharapkan acara ini menjadi bentuk inovasi pembelajaran di masa pandemic ini. |