Karya
Judul/Title ANALISIS KORELASI KOMPETENSI DAN MATERI AJAR BIPA DI INCULS, FIB-UGM
Penulis/Author Dr. Sailal Arimi, M.Hum. (1)
Tanggal/Date 2020
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Universitas Gadjah Mada yang diselenggarakan oleh unit lembaga INCULS (The Indonesian Language and Culture Learning Service) sejak tahun 1987 telah mengalami banyak perubahan baik pada materi ajar (1987-2017) maupun luaran kompetensi pemelajarnya. Tulisan ini bertujuan untuk mengamati isi buku “Titian Bahasa: Panduan Berbahasa Indonesia untuk Penutur Asing” INCULS khusus edisi Revisi 2009, dan menganalisis korelasi antarkeduanya. Berdasarkan analisis terhadap pokok bahasan materi ajar tingkat dasar, tingkat madya, tingkat lanjut pada setiap keterampilan diperoleh hasil kajian sebagai berikut. Pertama, karakteristik materi ajar BIPA INCULS mencirikan pengenalan bahasa, wisata/budaya Indonesia. Aspek materi budaya dan wisata dipahami menjadi daya tarik tersendiri materi ajar BIPA INCULS. Kedua, dari analisis persamaan dan perbedaan deskripsi kompetensi CEFR (Common European Framework of Reference for Languages) dan kompetensi BIPA Badan Bahasa 2014, kompetensi pemelajar BIPA INCULS dibagi pada setiap keterampilan berikut: (1.1) untuk berbicara tingkat dasar: mampu membicarakan identitas diri, kebutuhan dasar, pengalaman di negara sendiri dan di Indonesia dalam konteks seni dan pariwisata; (1.2) berbicara tingkat madya: mampu menceritakan fakta sosial budaya, wisata,pengalaman diri, membangun pengetahuan secara interaksional, dan mencurahkan gagasan; (1.3) berbicara tingkat lanjut: mampu membangun pengetahuan interaksional, mencurahkan pendapat, dan menganalisis masalah; (2.1) untuk membaca tingkat dasar: mampu memahami tulisan kebertahanan hidup, mengenal keterampilan, budaya lokal, dan wisata alam; (2.2) membaca tingkat madya: mampu membangun wawasan tentang keindonesiaan, dan kewisataan; (2.3) membaca tingkat lanjut: mampu memahami wacana pengetahuan, opini kritis, wisata alam dan budaya; (3.1) untuk menulis tingkat dasar: mampu menulis teks deskripsi, narasi dan sedikit argumentasi mengenai topik identitas diri, pengalaman, observasi dan sedikit opini; (3.2) menulis tingkat madya: mampu menulis teks narasi, deskripsi, eksposisi, dan argumentasi mengenai hasil pengamatan, pengalaman, pendapat, dan sedikit analisis; (3.3) menulis tingkat lanjut: mampu menulis teks deskripsi, eksposisi, persuasi, dan argumentasi tentang hasil pengamatan, pendapat, kutipan referensi, ajakan, dan analisis; (4.1) untuk tata bahasa kelas dasar: mampu mengaplikasikan gramatika leksikal, sintaktis kalimat, sintaksis frasal, dan morfologi leksikal dalam paparan bahasa; (4.2) tata bahasa kelas madya: mampu mengaplikasikan morfologi leksikal, sintaksis frasal, sintaktis kalimat dalam paparan bahasa; (4.3) tata bahasa kelas lanjut: mampu mengaplikasikan morfologi leksikal, hubungan gramatikal, sintaktis kalimat; dan gramatika terpadu; dan (5.1) untuk kosakata tingkat dasar: mampu memahami dan menggunakan kosakata dasar, literal, dan denotatif; (5.2) kosakata tingkat madya: mampu memahami dan menggunakan kosakata sekunder, sejumlah idiom dan peribahasa, gramatikal, dan figuratif; (5.3) kosakata tingkat lanjut: mampu memahami dan menggunakan kosakata beregister, kosakata sekunder, literal, figuratif, dan konotatif.
Level Internasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
1Artikel Analisis Korelasi Kompetensi dan Materi Ajar BIPA di INCULS oleh Sailal Arimi 2019.pdf[PAK] Full Dokumen