Abstrak/Abstract |
Pentingnya implementasi fungsi dan tugas pokok Pegawai Negeri Sipil secara konsisten, maka tentu saja SDM menjadi bagian utama yang sebaiknya dicermati, karena setiap PNS diangkat dalam jabatan tentu diikuti oleh konsekuensi tugas jabatan. Analisis jabatan dilaksanakan di Pemerintah Provinsi Istimewa Yogyakarta sebagai bentuk upaya mengetahui sejauh mana kompetensi dari sebuah jabatan yang diemban oleh seorang pegawai dala melaksanakan pekerjaannya. Untuk dapat mengetahui secara detail tentang kondisi setiap jabatan khususnya jabatan struktural, baik yang berupa deskripsi jabatan hingga persyaratannya, maka diperlukan analisis jabatan. Pemerintah DIY perlu melakukan analisis jabatan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien dan kinerja yang tinggi. Dokumen ANJAB perlu disusun dan diperbarui secara terus menerus (periodik), mengingat dinamika instansi pemerintah berlangsung secara terus menerus maka anjab hendaknya dapat memberikan landasan pengambilan keputusan dalam upaya reformasi birokrasi maupun reformasi manajemen SDM pegawai. Penelitian ini menggunakan berbagai metode pengumpulan data seperti pemberian kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Output dari penelitian ini adalah berupa dokumen analisis jabatan yang dapat digunakan pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam menentukan kebijakan kepegawaian yang efektif dan semakin baik dalam penyelenggaraan pemerintahan. |