Abstrak/Abstract |
Perkembangan produksi dalam negeri tidak terlepas dari tujuan pemerintah
yaitu mencukupi kebutuhan produksi padi dalam negeri dan meningkatan
kesejahteraan serta pendapatan petani. Peningkatan hasil produksi padi dapat
dilakukan dengan cara intensifikasi dan ekstensifikasi. Permasalahan yang sering dialami oleh petani yaitu pada saat musim panen raya berlangsung, jumlah gabah akan mengalami peningkatan, hal ini menyebabkan timbulnya permasalahan di bidang pemasaran. Pertumbuhan penduduk yang relatif tinggi memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap peningkatan permintaan beras. Permintaan terhadap beras meliputi konsumsi rumah tangga dan luar rumah tangga. Secara umum terdapat kecenderungan penurunan konsumsi beras per kapita pada rumah tangga, yang diiringi peningkatan konsumsi di luar rumah tangga dan konsumsi produk-produk industri pangan. Melihat permintaan pasar akan beras yang terus meningkat ditambah peningkatan jumlah penduduk yang sangat tinggi, maka penelitian tentang pemasaran hasil produksi padi merupakan topik yang menarik untuk diteliti. Penelitian akan fokus pada sisi off farm dan on farm terkait dengan analisis ekonomi usahatani padi sawah dan pemasaran sarana produksi dan hasil padi sawah. Tujuan dari penelitian ini yaitu pada tahun pertama yaitu 1) Mengetahui produksi dan pendapatan usahatani padi; 2) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi dan pendapatan usahatani padi; 3) Menganalisis kelayakan usahatani padi; 4) Menganalisis struktur pasar dan marjin pemasaran sarana produksi padi sawah; 5) Mengetahui efisiensi pemasaran sarana produksi padi sawah; 6) Menyusun strategi pemasaran sarana produksi padi sawah yang efisien. 7) Menganalisis struktur pasar dan marjin pemasaran hasil produksi padi sawah; 8) Mengetahui efisiensi pemasaran hasil produksi padi sawah; 9) Menyusun strategi pemasaran hasil produksi padi sawah yang efisien. |