Karya
Judul/Title Analisi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan di RS. PKU Muhammadiyah Yogyakarta Periode Maret-Mei 2009
Penulis/Author Khairul Ikhsan (1) ; Prof. Dr. Drs. Abdul Karim Zulkarnain, M.Si., Apt. (2)
Tanggal/Date 2011
Kata Kunci/Keyword
Abstrak/Abstract Seiring dengan meningkatya tuntutan dan harapan konsumen terhadap pelayanan kesehatan, perlu adanya peningkatan pelayanan yang berkualitas oleh pihak penyedia jasa kesehatan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode accidental sampling sebanyak 100 pasien. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Indeks Kepuasan Konsumen (IKK) dan uji GAP untuk menggambarkan tingkat kepuasan pasien. Chi-square untuk mengetahui ada tidakya perbedaan yang signifikan antara karakteristic pasien dengan kepuasan pasien, analisi tersebut menggunakan bantuan program SPSS for windows version 13.0. Hasil uji IKK (tingkat kesesuaian antara harapan dan kinerja) dan uji GAP menunjukkan kinerja yang dilakukan RU PKU Muhammadiyah bagian instalasi rawat jalan belum memenuhi harapan pasien atas rumah sakit tersebut, dilihat dari nilal GAP sebesar -0.79 dan dari nilal IKK sebesar 0,95. Dari uji Chi-square, memperlihatkan adanya perbedaan signifikan distribusi kepuasan berdasarkan profil (karakteristik), pasien pada dasarya tetap ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik.
Rumpun Ilmu Farmasetika dan Teknologi Farmasi
Bahasa Asli/Original Language Bahasa Indonesia
Level Nasional
Status
Dokumen Karya
No Judul Tipe Dokumen Aksi
124053-47668-1-SM.pdf[PAK] Full Dokumen