Abstrak/Abstract |
Perkerasan kaku jalan beton (rigid pavement) rentan mengalami keretakan jika terlambat
dilakukan pemotongan dan kedalaman pemotongan yang tidak sesuai dengan desain. Saat ini,
kontrol kedalaman pemotongan masih dilakukan secara manual dan cenderung hanya
menjangkau titik-titik dalam jumlah terbatas. Hal ini berpotensi tidak terdeteksinya pemotongan
yang tidak sempurna. Atas latar belakang tersebut, PT PP bekerja sama dengan DTETI FT UGM
mengembangkan sebuah alat ukur yang terintegrasi dengan aplikasi android dan website.
Pengembangan alat telah dilakukan selama kurang lebih 1,5 tahun dari tahun 2022 s.d. 2023. Alat yang telah dikembangkan sudah pernah diuji di kondisi riil di jalan tol yang sedang dibangun,
yaitu di jalan tol Semarang dan jalan tol Indrapura-Kisaran di Medan, Sumatera. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa alat ukur sudah berfungsi. Alat ukur sudah mampu mengukur kedalaman
dengan ketelitian yang baik dan mampu mengirimkan data ke android dan website. Namun,
masih terdapat kendala dalam pengukuran apabila terdapat banyak rintangan pada celah
pemotongannya. Rintangan tersebut berupa tidak ratanya dinding permukaan celah pemotongan.
Oleh karena itu, diperlukan sedikit perbaikan pada sensor. Setelah sensor diperbaiki, alat ini perlu diuji kembali di kondisi riil. Apabila bacaan sensor sudah baik, alat ini kemudian dapat
dipabrikasi. |